Lagu Korea, Mantap Bro.,.

Automatic Created Playlist by www.autoplaylist.com
Make Your Own Mp3 & Video Playlist at www.autoplaylist.com

Jumat, 17 Juli 2009

Windows Azure

Posted on 14.37 by COCL

Microsoft Rilis Windows Azure di PDC

Logo Windows AzureHal pertama yang dilakukan Microsoft di konferensi Professional Developers Conference bukanlah memberikan detil lengkap tentang Windows 7, melainkan memperkenalkan sebuah operating sistem (OS) untuk cloud computing, dinamakan Windows Azure. Sebelumnya pernah disinggung Steve Ballmer sebagai "Windows Cloud," Windows Azure menjadi basis dari layanan hosting yang memberi kemudahan bagi para pengembang untuk mengoperasikan aplikasinya di infrastruktur cloud computing berbasis Windows — dinamakan Azure Services Platform.

Windows Azure berperan sebagai pondasi dari Azure Services Platform yang membantu para pengembang membuat aplikasi cloud computing — jadi apabila Anda bukan seorang pengembang, pengumuman ini mungkin tidak terlalu berarti untuk Anda, hanya berarti Microsoft juga sudah mulai memasuki dunia cloud computing. Windows Azure bukanlah sebuah OS untuk digunakan pengguna biasa, mereka akan tetap menggunakan Windows 7, penerus Windows Vista.

Microsoft bukanlah perusahaan besar pertama yang menawarkan layanan seperti ini, Amazon sudah sejak dulu menawarkan infrastruktur cloud computing murah dengan layanan Amazon EC2 dan Google App Engine. Bedanya, menggunakan Azure Services Platform memberikan keterbatasan serius bagi banyak pengembang untuk mengembangkan aplikasi menggunakan hanya teknologi yang didukung Microsoft seperti IIS dan .NET.

Menurut Amitabh Srivastava, Corporate VP Microsoft yang merupakan salah satu pengembang kunci Windows Azure adalah sebuah infrastruktur berskalabilitas tinggi untuk mengoperasikan aplikasi berbasis Microsoft, menawarkan berbagai jenis layanan termasuk virtualisasi, penyimpanan dan jaringan dan banyak lagi, semuanya dioperasikan dalam data center global milik Microsoft. Beberapa komponen utama dari Azure Services Platform adalah:
  • Windows Azure sebagai server dan untuk keperluan manajemen penyimpanan, komputasi dan jaringan
  • Microsoft SQL Services untuk layanan database
  • Microsoft .NET Services yang merupakan implementasi dari .NET di cloud
  • Live Services untuk berbagi, menyimpan dan mensinkronisasikan dokumen, foto dan file di berbagai PC, ponsel dan situs (mirip dengan Live Mesh mungkin?)


Selain itu, Microsoft juga menawarkan sebagian besar dari aplikasi korporat-nya Microsoft Online Services untuk dipakai sebagai layanan berbayar. Berbagai produk terkenal Microsoft seperti Exchange Online, SharePoint Online, Microsoft Dynamics CRM Online, Office Communication Online dan Office Live Meeting untuk digunakan pengguna tanpa harus dipelihara sendiri oleh perusahaan.

Dan mengapa Microsoft kini juga mulai mengusung paradigma cloud computing? Kalau tidak salah ingat, CEO Microsoft Steve Ballmer beberapa tahun lalu merupakan salah satu orang yang paling keras mengecam cloud computing, menuduh Google sebagai mengeluarkan Chrome sebagai "OS untuk aplikasi web" tetapi tetap saja dioperasikan di Windows. Tinggalkan pendapat Anda melalui komentar di bawah ini.

Anda dapat membaca pengumuman resmi Microsoft di sini.

No Response to "Windows Azure"

Leave A Reply

Eset Smart Security Ads